Nyeri sendi merupakan salah satu pengalaman sensorik yang membuat tubuh sangat tidak nyaman dan berpotensi merusak jaringan tubuh. Selain menggunakan obat, rasa tidak nyaman akibat sendi ini bisa diatasi dengan TENS fisioterapi yang juga mencegah nyeri terasa kembali.

Sebenarnya, ada berbagai hal penyebab nyeri sendi salah satunya berasal dari makanan. Beberapa sumber memang menyebutkan bahwa terdapat jenis makanan tertentu yang akan memicu gejala nyeri sendi. Apa saja? Yuk, simak di pembahasan berikut ini.

5 Makanan Pemicu Nyeri Sendi yang Perlu Dihindari

Berikut beberapa jenis makanan yang harus dihindari oleh penderita nyeri sendi:

 

  1. Junk Food dan Gorengan

Junk food dan gorengan adalah jenis makanan pemicu nyeri sendi yang perlu dibatasi. Sudah ada jurnal ilmiah yang mengungkapkan bahwa mengurangi junk food dan makanan gorengan bisa meringankan radang dan memulihkan pertahanan tubuh secara alami. Mengapa makanan tersebut dihindari? Sebab, margarin maupun minyak untuk menggoreng junk food mengandung lemak trans. Jenis lemak ini diketahui bisa memicu peradangan dan nyeri sendi.

  1. Makanan tinggi gula

Makanan mengandung gula yang tinggi dan karbohidrat rafinasi  bisa mengakibatkan peradangan penyebab nyeri sendi. Hal itu karena makanan tinggi gula bisa membuat lemak AGEs menjadi lebih tinggi.

Selain gula, beberapa makanan sumber karbohidrat rafinasi seperrti roti tawar, pas terigu, dan olahan tepung terigu putih bisa menambah risiko peradangan pada tubuh.

 

  1. Daging merah dan olahannya

Tidak selalu baik, ternyata protein dan lemak hewani dari daging merah berakibat kurang sehat pada penderita nyeri sendi. Jadi, daging merah yang dikonsumsi secara berlebihan akan membuat sistem imun merespon protein sebagai antigen dan membuat antibodi untuk melawannya.

Reaksi di atas akan menciptakan sebuah antigen yang kompleks. Antigen jenis ini umumnya akan dibuang oleh sistem imun. Namun, pada beberapa kasus, antigen kompleks ini akan disimpan dalam jaringan tubuh termasuk sendi yang bisa meningkatkan nyeri.

  1. Makanan mengandung asam lemak omega-6

Jenis makanan pemicu nyeri sendi selanjutnya adalah asam lemak omega-6. Biasanya kandungan ini ditemukan pada kuning telur, margarin, makanan digoreng, hingga daging berlemak.

Nah, mengonsumsi asam lemak omega-6 yang berlebihan bisa menganggu kesehatan sendi karena risiko peradangan mengalami peningkatan.

  1. Makanan olahan atau kemasan

Biasanya, makanan yang diproduksi menggunakan suhu tinggi seperti deep fry (digoreng), dipanggang, dibakar, hingga dipasteurisasi akan menghasilkan lemak AGEs.

Jenis lemak di atas bisa merusak protein tertentu di tubuh dan menyebabkan radang pada sendi.

Nah, itulah 5 makanan yang perlu dihindari untuk mencegah nyeri sendi. Jika kamu adalah pencinta makanan tersebut, sebaiknya mulai dihindari ya. Namun, jika kamu mengalami nyeri sendi yang tak kunjung hilang, bisa diatasi dengan TENS Fisioterapi yang bisa kamu temukan produknya pada link berikut https://www.omronhealthcare-ap.com/id/category/13-pain-therapy. Terapi yang akan membuat neyri berkurang dan mencegahnya datang kembali.

Buat kesehatan, jangan coba-coba ya, pilih yang terbaik!